Senin, 28 Maret 2011

BISNIS KEBUN STRAWBERRY

Perkebunan organik merupakan salah satu cara pembudidayaan tanaman secara modern dan berbeda dari penanaman secara konvensional atau cara yang biasa dipakai para petani. Cara organik lebih efektif dan efisien. Strawberry hasil pengembangan organik ini ternyata memang berbeda. Secara kasat mata, strawberry organik warnanya lebih cerah walaupun ukurannya sama dengan strawberry hasil pemupukan dan pestisida kimia (secara konvensional). “Rasanya lebih manis, dan tahan sampai empat hari, beda dengan yang pakai kimia, yang hanya tahan tiga hari,ungkap Posman, seorang pembudidaya strawberry organik yang sukses. Melihat potensi yang ada dari daya tarik perkebunan buah strawberry dengan cara penanaman organik di daerah Ciwidey dan daerah-daerah lain di Jawa Barat maka timbul suatu ide untuk membuka perkebunan strawberry organik yang sekaligus dapat dijadikan wahana agrowisata. Di Magelang sendiri masih jarang terdapat kawasan perkebunan buah yang dapat digunakan untuk berlibur terutama bersama keluarga. Usaha ini akan didirikan di atas lahan kira-kira seluas 500 meter persegi di daerah Kopeng, timur kabupaten Magelang yang mempunyai kondisi alam yang sangat berpotensi untuk budidaya buah strawberry, sebelah timur kabupaten Magelang sebanyak 80 tanaman strawberry.

Hasil panen budidaya buah strawberry tersebut akan dipasarkan di daerah Magelang dan sekitarnya dikarenakan permintaan buah strawberry di kawasan Magelang dan sekitarnya semakin bertambah. Dalam area agrowisata buah strawberry tersebut, para pengunjung dapat memetik sendiri buah strawberry yang siap petik atau sudah matang. Pengunjung juga dapat menikmati segarnya jus strawberry sambil menikmati sejuknya udara dan indahnya pemandangan pegunungan maupun perkebunan lainnya di daerah Kopeng sehingga dapat melepas lelah atau kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Untuk pengumpulan dan pengemasan buah strawberry yang akan dipasarkan dilakukan di dalam area perkebunan tersebut oleh para pekerja. Pelanggan dan sasaran dari usaha ini adalah supermarket, toko-toko, dan para pedagang buah yang menjual aneka buah.
Selain itu, para pengunjung perkebunan yang sebagian besar adalah keluarga yang mencari arena liburan yang cocok. Usaha ini akan dipimpin oleh orang yang mengerti tentang dunia bisnis terutama pertanian dan perdagangan dengan kualifikasi yang telah memenuhi standardisasi. Dalam mendirikan usaha ini, penulis akan mendatangkan investor miasnya dari saudara yang ingin andil dalam bisnis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar