Jumat, 01 April 2011

Kupat Tahu Magelang

Kota Magelang, Jawa Tengah, bukan hanya terkenal akan akan getuknya, makanan khas lain yang bisa Anda nikmati adalah kupat tahu. Makanan tradisional ini terdiri dari potongan kupat dan tahu yang diguyur dengan kuah kacang berbumbu. Kupat sendiri merupakan sebutan dalam bahasa Jawa untuk ketupat.
Mengenai bumbu kupat tahu, ini terbuat dari paduan kacang tanah goreng, bawang putih, serta cabe rawit yang telah dihaluskan. Untuk menambah kenikmatan rasa, bumbu itu ditambah dengan sedikit garam dan kecap manis.
Di dalam seporsi kupat tahu, terdapat beberapa bahan pelengkap lain, seperti tauge yang telah direbus, kol yang diiris tipis, daun seledri serta taburan bawang merah yang telah diiris tipis dan digoreng. Yang tak pernah ketinggalan dari seporsi menu khas Magelang ini adalah kerupuk udang dan beberapa potong bakwan goreng.

Melihat cara penghidangan kupat tahu, ini hampir seperti ketoprak hanya isinya yang berbeda. Pertama, bumbu kacang dihaluskan langsung di atas piring yang akan dihidangkan kepada konsumen. Setelah bumbu siap, barulah diberi beberapa potong kupat, bakwan goreng, irisan kol, daun seledri, serta bawang goreng.



Citarasa segar sangat mendominasi makanan khas ini. Kesegaran itu didapat dari tauge yang dimasak setengah matang. Selain itu, tahu goreng yang disajikan panas, menambah sensasi kegurihan tersendiri.
Bagi penyuka pedas, Anda bisa dibuat berkeringat jika memesan kupat tahu pedas. Sensasi pedas didapat dari cabai rawit merah yang disertakan dalam racikan bumbu kacang.
Sesuai dengan asalnya, kupat tahu bisa Anda jumpai di berbagai penjuru kota Magelang, mulai dari warung, rumah makan maupun pedagang keliling. Meski mudah dijumpai, salah satu warung kupat tahu yang cukup populer bisa Anda jumpai di dekat pintu masuk Taman Rekreasi Kyai Langgeng.
Kalau akan atau sedang di Magelang, jangan lupa cicipi kupat tahu yang biasa dijual dengan harga berkisar Rp4.000-Rp6.000. Khusus penyuka rasa pedas, mungkin harus ditahan dulu karena harga cabai sedang melonjak. Selamat menikmati.
(wisatamelayu.com/*/X-13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar